Apakah Rambut sehat Kalau Pakai Jilbab

Posted by misbah aja Sabtu, 24 Agustus 2013 1 komentar
Bagi wanita, rambut adalah mahkota tubuh. Akan tetapi, bagi wanita berjilbab rambut merupakan salah satu aurat yang harus ditutupi. Kendati demikian, bukan berarti rambut wanita berjilbab tidak dirawat, bahkan justru harus lebih diperhatikan. Jika terlalu sering ditutup rambut akan lembab dan “kepanasan” sehingga bisa menimbulkan kerontokan dan mengundang ketombe.

Sebenarnya kerontokan merupakan proses alamiah bagi rambut. Akan tetapi, jika berlangsung terus-menerus, kerontokan akan mengakibatkan kebotakan.

Jika kerontokan rambut berkisar antara 80 hingga 100 helai per hari, ini masih dianggap wajar. Tetapi jika melebihi 100 helai rambut per hari, baru dikatakan tidak normal.

Kerontokan Rambut dan Penyebabnya
Banyak faktor yang menyebabkan kerontokan rambut. Di antaranya pemakaian sampo yang tidak tepat, sering dikuncir, atau langsung mengenakan jilbab segera setelah keramas tanpa mengeringkannya dulu.
Selain itu, pemakaian obat-obatan yang salah juga bisa menyebabkan kerontokan, terutama dari jenis obat yang berfungsi mencairkan darah. Penyakit juga dapat mengakibatkan kerontokan rambut di antaranya adalah tifus, penyakit yang timbul akibat terlalu banyak mengonsumsi vitamin A, atau penyakit yang kekurangan berbagai zat penting seperti Zinc (terkadang dijumpai pada vegetarian). Ketegangan atau tekanan jiwa (stres), dan gangguan psikis lainnya juga bisa menjadi sebab terjadinya kerontokan rambut.

Tips Merawat Rambut
Rambut yang sering ditutupi jilbab biasanya mudah berkeringat dan sangat lembab. Terlebih jika wanita berjilbab ini mempunyai aktivitas yang sangat tinggi. Berikut ini tips yang bisa ukhtiy gunakan untuk mencegah kerontokan pada rambut:
  1. Keramas secara teratur
  2. Rajin menyisir rambut (3 x dalam sehari). Dengan menyisir rambut sama halnya dengan melakukan pemijitan kulit kepala, yang berarti dapat membantu kelancaran peredaran darah.
  3. Gunakan sisir plastik yang bergigi jarang.
  4. Hindari menarik garis belahan rambut hanya pada 1 sisi, karena kerontokan bisa berawal di garis belahan rambut.
  5. Hindari mengikat rambut dengan ikatan yang kencang, apalagi dengan menggunakan karet gelang. Hal ini akan mengakibatkan trauma bagi rambut. Gunakan ikat rambut yang berlapis kain untuk mengikat rambut.
  6. Jangan biarkan rambut terikat terus.
  7. Hindari memakai kerudung/jilbab saat rambut dalam keadaan basah. Karena akan mempertinggi kadar kelembaban rambut yang menyebabkan rambut menjadi rontok.
  8. Sampo yang digunakan pun harus sesuai dengan kondisi rambut berjilbab. Sebaiknya memakai sampo yang banyak mengandung sari lidah buaya. Tanaman itu berkhasiat memperbaiki pertumbuhan rambut dan mengurangi kerontokan. Bisa pula memakai sampo kelapa hijau dan yang berasal dari sari akar wortel.
  9. Kurangi penggunaan Hair dryer kalaupun terpaksa pakailah hair dryer dgn jarak 3-4 cm dari rambut ,gunakan dari atas sampai bawah rambut dan jangan menyisir terlalu kuat
  10. Jika kondisi rambut sdg mngalami kerusakan hindari mengeringkan rambut dgn menggosok dgn Handuk. Biarkan rambut mengering alami, bungkus dgn handuk lembut dan tebal sampai agak mengering sndri.
  11. Hindari menggaruk kulit kepala saat keramas krn akan menyebabkan kerusakan kulit kepala dan hilangnya pelembab alami rambut.
  12.  
    Source: muslimah.or.id + konsul dokter

    THANK YOU FOR YOUR VISIT
    title: Apakah Rambut sehat Kalau Pakai Jilbab
    written by misbah aja
    Rating Blog 5 dari 5
    Hopefully this article useful to you. If you want to quote, be it in part or whole of the contents of this article please include dofollow links to http://healthylivingcenterr.blogspot.com/2013/08/apakah-rambut-sehat-kalau-pakai-jilbab.html. Thank you stop reading this article.

    1 komentar:

    Anonymous mengatakan...
    Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    Poskan Komentar

    Bisnis Online support Jual Online Baju Wanita - Original design by Bamz | Copyright of healthy living.